Implementasi pendidikan karakter Islam di era milenial pada pondok pesantren mahasiswa

By admin 30 Sep 2019, 13:04:45 WIB Artikel Ilmiah
Implementasi pendidikan karakter Islam di era milenial pada pondok pesantren mahasiswa

Abstract


Pendidikan karakter Islam bagi kalangan mahasiswa diera milenial mutlak diperlukan, karena mahasiswa merupakan aset bangsa yang menjadi agen perubahan (agent of change) dan calon pemimpin di masa yang akan datang. Pendidikan untuk menghargai pentingnya nilai- nilai moral membentuk rasa ingin berbuat baik dan mampu berbuat baik adalah cita-cita yang diharapkan mampu diwujudkan di era perubahan yang semakin cepat. Oleh karenanya dibutuhkan formulasi pendidikan karakter yang sesuai dengan keadaan jaman dan dalam menghadapi tantanganya.

Penelitian dengan pendekatan fenomenoologis perlu dilakukan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakkter Islam di era minelial pada lembaga pendidikan Islam (pondok pesantren mahasiswa), sehingga dengan menggunakakn metode penelitian kkualitatif diharapkan menemukan pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif dan efisien.

Hasil penelitian ini diantaranya adalah pelaksanaan pendidikan selama 24 jam meliputi pendidikan Riâayah wal Irsyad (kepengasuhan),   Taâdib wat Tahdzib (kesantrian), dan Dirosah/ Tadris Wat Taâliim (Pengajaran) ditambah empat lainnya yaitu tradisi pesantren, jiwa pesantren, kedisiplinan, dan struktur organisasi/manajemen dapat dijadikan bahan rujukan dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter di Indonesia

Keywords: Pendidikan karakter,Milenial, Pesantren

 

Baca selengkapnya di: https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/269


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda